Rahmat Saripudin's Weblog

for Better Education

Apa Kata Dunia? Sekolah Kok Belum Dialiri Listrik!

pada Oktober 15, 2009
Selasa, 13 Oktober 2009 | 10:40 WIB

PAGARALAM, KOMPAS.com – Masih banyak sekolah di Kota Pagaralam, Sumatra selatan (Sumsel), belum mendapatkan jaringan listrik dari PLN, sehingga sulit mengunakan peralatan elektronik seperti komputer.

“Selama ini sekolah yang berada jauh dari pusat kota sulit menerapkan pelajaran teknologi moderen seperti komputer karena belum adanya jaringan listrik,” kata War, seorang staf pengajar SDN Kota Pagaralam, di Pagaralam, Selasa (13/10).

“Bukan hanya untuk penerangan malam hari di rumah dinas sekolah, tetapi yang terpenting untuk menunjang belajar siswa juga sulit. Sementara listrik tenaga surya bantuan ke Dusun Tanjungtaring juga belum mendukung penggunaan komputer tersebut,” tambahnya.

War mengatakan, sejak mengajar di sekolah itu, siswa hanya dibekali pelajaran inti. Sementara itu, untuk kegiatan eksrakurikuler seperti kursus komputer sama sekali tidak pernah di lakukan. Padahal, mengingat statusnya sebagai kota, sudah sewajarnya jika semua daerah mendapat layanan jaringan listrik, terutama untuk kebutuhan sekolah.

“Kita tidak ingin siswa terhalang karena tidak memiliki fasilitas pendukung untuk belajar mengajar di sekolah,” ungkapnya.

Senada pendapat War, salah seorang Kepala Sekolah, Daryono, mengatakan, cukup banyak sekolah yang agak jauh dari pusat kota belum mendapatkan layanan listrik dari PLN. Padahal, kata Daryono, sudah ada program listrik masuk desa.

“Kita tidak ingin siswa SD yang berada di pedesaan ketinggalan dalam memahami pelajaran tambahan yang berhubungan dengan teknologi modern seperti komputer dan yang lainnya,” ungkapnya.

Daryono menambahkan, SD Tanjungtaring yang memiliki 36 siswa misalnya, sudah mendapat bantuan komputer dari pemerintah. Namun, karena belum ada jaringan listrik, peralatan tersebut tidak dapat dimanfaatkan.
LTF

Dapatkan artikel ini di URL:
http://www.kompas.com/read/xml/2009/10/13/10402131/apa.kata.dunia.sekolah.kok.belum.dialiri.listrik.


One response to “Apa Kata Dunia? Sekolah Kok Belum Dialiri Listrik!

  1. chunkylove mengatakan:

    ampuuunnn
    sedih banget skolah di indonesia…

    lama-lama bisa ada skolah yang ngga dialiri air…

    soalnya bahkan aliran dana BOS aja malah ‘dibelokkan’…

    haha…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: