Rahmat Saripudin's Weblog

for Better Education

Publikasi Matematika Kita Terendah di Asia Tenggara!

pada Oktober 15, 2009
Senin, 12 Oktober 2009 | 20:22 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Publikasi penelitian bidang Matematika di Indonesia termasuk salah satu yang terendah di Asia Tenggara. Kondisi ini berpotensi menghambat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Berdasarkan data publikasi internasional Mathscinet pada Juli 2008, Indonesia baru menghasilkan 333 publikasi yang disusun oleh 83 matematikawan Indonesia. Jumlah itu hanya 7,6 persen dari jumlah anggota keseluruhan Himpunan Matematika Indonesia atau Indonesian Mathematical Society (IndoMS) sebanyak 1.093 orang.

Presiden Himpunan Matematika Indonesia Indonesian Mathematical Society (IndoMS) Prof Widodo mengatakan, persentase tersebut lebih rendah dibandingkan sejumlah negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, India, dan Filipina.

“Negara-negara itu mampu menghasilkan publikasi Matematika lebih dari 10 persen jumlah dari jumlah matematikawan di negara tersebut. Ranking kita hanya sedikit lebih tinggi dari Timor Timur,” katanya di sela-sela Konferensi Internasional Matematika yang baru pertamakali diselenggarakan IndoMS di Kampus Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan IPA ( FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Senin (12/10).

Dari 231 yang dinilai dalam konferensi itu akan direkomendasikan 48 makalah yang layak dipublikasikan. Makalah-makalah tersebut terdiri dari 16 makalah untuk rekomendasi jurnal internasional, 16 makalah untuk jurnal nasional dengan mutu mendekati internasional, dan 16 makalah untuk jurnal nasional terakreditasi.

Konferensi Internasional Matematika ini juga dihadiri ahli matematika sebagai tim penilai dari luar negeri seperti dari Universitas Graz Austria, Postdam Jerman, serta National University of Singapore.

 
KOMPAS Irene Sarwindaningrum

Dapatkan artikel ini di URL:
http://www.kompas.com/read/xml/2009/10/12/20224361/publikasi.matematika.kita.terendah.di.asia.tenggara.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: