Rahmat Saripudin's Weblog

for Better Education

Silabus Andragogi Semester Semester Genap Tahun 2010-2011

pada Januari 27, 2011

A. Deskripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui tentang pendidikan orang dewasa dan dapat menerapkannya dalam perancangan pendidikan orang dewasa.

B. Kompetensi Mata Kuliah :

Setelah mengikuti perkuliahan, mahasiswa memahami konsep pendidikan orang dewasa, organisasi, penyelenggaraan pendidikan orang dewasa, teori dan penerapannya.

C. Topik, Aktivitas, Tugas dan Sumber Belajar

Pert. Ke Tanggal Topik Deskripsi/Aktivitas/Tugas/ Evaluasi
1 27 Jan 2011 Kontrak Kuliah Perkenalan, penjelasan Silabus, dan test pendahuluan dan Pembagian Kelompok 

Tugas Individu: membuat karya tulis Ilmiah dengan tema Pendidikan Orang Dewasa. Sudut penulisan bisa berupa media pendidikan orang dewasa, model pendidikan orang dewasa atau inovasi pendidikan orang dewasa, atau apapun terkait dengan pendidikan orang dewasa. Dikumpulkan maksimal 20 Februari 2011 melalui e-mail dan akan di upload di rahmatsaripudin.wordpress.com.

2 27 Jan 2011 Andragogy Vs Pedagogy Penjelasan pegertian andragogi, perbedaan dan persamaan andragogy dengan pedagogy
3 3 Feb 2011 Learner factor Faktor-faktor yang memperngaruhi pembelajaran orang dewasa
4 10 Feb 2011 Prinsip-prinsip Belajar Membahas tentang prinsip-prinsip belajar dan kondisi belajar
5 17 Feb 2011 The learnercharacteristics Membahas tentang karakteristik pembelajar sebagai acuan pera-ncangan pembelajaran andragogi
6 24 Febr 2011 Motivation to learn Membahas tentang peranan motivasi dan strategi motivasi untuk pembelajaran orang dewasa
7 3 Mar 2011 UTS
8 10 Mar 2011 Model Pendidikan Orang Dewasa I Membahas tentang model-model pendidikan untuk orang dewasa: Pelatihan, Seminar & workshop
9 17 Mar 2011 Model Pendidikan Orang Dewasa II Pembelajaran Terbuka jarak Jauh
10 24 Mar 2011 Perancangan Pembuatan Model Pendidikan Orang Dewasa Membahas tentang perancangan model pendidikan bagi orang dewasa
11 31 Mar 2011 Presentasi Perancangan Model Presentasi mahasiswa 

Kelompok I : Pelatihan

Kelompok II: Workshop

12 

 

7 Apr 2011 Presentasi Perancangan Model Presentasi mahasiswa 

Kelompok III: Seminar

Kelompok IV: Pembelajaran Terbuka Jarak Jauh

13 

 

14 Apr 2011 Review Perkuliahan Membahas secara singkat materi perkualiahan, diskusi dan pemantapan
14 21 Apr 2011 UAS

D. Penilaian

  1. Penilaian Tugas Individu dan Tugas Kelompok
No Aspek yang dinilai Skor Keterangan
1 Tugas dikumpulkan tepat waktu 40 Terlambat minus 5 point per minggu
2 Struktur Pembahasan 20 Urutan sub bahasan
3 Muatan 30 Kesesuaian isi dengan tema dari tugas yang diberikan
4 Tata bahasa 10
  1. Penilaian Presentasi (masuk ke nilai tugas akhir)
No Aspek yang dinilai Skor Keterangan
1 Bahan Presentasi 25 Kriteria: ada dan tepat
2 Penampilan Presenter 25 Kriteria: penjelasan runut, suara lantang, percaya diri
3 Penguasaan 50 Menguasai dengan baik, mampu memberijawaban dengan tepat

Catatan

–       Tugas Individu maupun Tugas kelompok harus mencerminkan orisinalitas, mengingat karya Mahasiswa akan dipublikasi lewat internet dan dicantumkan nama Mahasiswa tersebut.

–       Kutipan maksimal 30% dari total naskah.

–       Tulisan harus mencantumkan referensi, minimal 5 referensi yang berkaitan langsung dengan tulisan.

–       Apabila terbukti karya yang dibuat melanggar orisinalitas, maka naskah tersebut akan dibatalkan dan Mahasiswa wajib membuat naskah baru, dengan nilai maksimal 85% dari nilai yang diperoleh dari naskah baru tersebut

2. Penilaian Akhir

Sesuai dengan aturan/pedoman Akademik STIT Nurul Fikri, unsur-unsur penilaian yang akan dilakukan adalah:

No ASPEK AKADEMIK Persentase
1 Tugas Individu 15 %
2 Test Formatif
3 Ujian Tengah Semester 25%
4 Ujian Akhir Semester 30%
5 Kehadiran 10%
6 Tugas Kelompok 10%
7 Perilaku 10%

E. Ketentuan Umum

  1. Tugas dikumpulkan melebihi tenggat waktu akan dikurangi 5 point per hari (dari skala 100)
  2. Bagi mahasiswa yang tidak masuk dengan alasan apapun diwajibkan membuat tulisan/paper terkait tema yang dibahas pada pertemuan yang tidak dihadirinya. Paper terdiri dari 1 – 2 halaman, 1,5 spasi dengan tenggat pengumpulan paling lambat satu hari sebelum dua pertemuan setelahnya. Paper tersebut sebagai pengganti kehadiran.
  3. Semua tugas dikumpulkan melalui e-mail: rahmat_sar@yahoo.com. Dengan ketentuan pemberian nama file sebagai berikut:
    1. Bagi paper pengganti kehadiran, diberi nama file sebagai berikut: sesi ke – nama lengkap. Contoh, Abdul Majid tidak hadir dalam sesi ke-4, maka tugas pengganti kehadiran diberi nama: 4 – Abdul Majid
    2. b. Bagi tugas pembuatan makalah, paper atau lainnya, diberi nama file sebagai berikut: judul tugas – nama. Contoh nama file: Workshop – Abdul Majid

  1. Pada waktu tertentu tanpa pemberitahuan sebelumnya, dosen akan melakukan test formatif.
  2. Matikan nada HP saat perkuliahan berlangsung
  3. Keterlambatan lebih dari 30 menit maka berlaku ketentuan point E.3

lihat juga:

Andragogy-cooperative education


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s