Rahmat Saripudin's Weblog

for Better Education

17 Ribu Warga Indonesia Belajar di Australia

pada Desember 14, 2010

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG–Pemerintah diisyaratkan untuk meningkatkan kerja sama bidang pendidikan dengan negara tetangga Australia karena kini sedikitnya 17 ribu warga Indonesia belajar di berbagai universitas di negara kangguru itu.

“Minat warga Indonesia untuk belajar di Australia tergolong tinggi karena faktor kedekatan lokasi,” kata Profesor Aris Junaidi, Atase Pendidikan Indonesia di Australia di Padang, Selasa.

Dia hadir di Padang menjadi pembicara pada seminar internasional yang diselenggarakan tiga universitas negeri di Padang bekerja sama dengan Universitas Deakin Australia. Menurut dia, dari 17 ribu warga Indonesia yang belajar di Australia hanya 1.000 orang yang mendapatkan beasiswa dan lainnya harus mengeluarkan dana sebesar 14 ribu dolar per tahun untuk biaya pendidikan.

Meski jumlah mahasiswa Indonesia itu mencapai 17 ribu orang, namun sebaliknya warga Australia yang ada di Indonesia hanya 100 orang saja. Dari jumlah itu tidak ada yang menamatkan pendidikan sarjananya namun hanya mengambil kursus singkat. “Pemerintah Austalia sebenarnya banyak menawarkan sejumlah konsep kerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia itu, namun belum banyak yang meresponnya,” katanya.

Menurut dia, kesempatan perguruan tinggi di Indonesia itu sangat besar untuk merekrut mahasiswa asal Australia itu, karena satu kebijakannya adalah mengharuskan mahasiswa di negara kangguru itu memiliki wawasan global dengan belajar di berbagai negara termasuk Indonesia.
Seharusnya, katanya, hal ini menjadi kesempatan bagi perguruan tinggi di Indonesia untuk bekerja sama dan tentu saja dapat meningkatkan rangking universitas pada level dunia karena banyak memiliki mahasiswa asing.

“Perguruan tinggi itu tinggal mengajukan proposal kerja sama saja dan secara perlu secara spesifik arahannya dan nanti akan direspon oleh mereka,” katanya. Dia juga mengatakan, kini sedang dikembangkan kerja sama bidang penelitian oleh periset kedua negara.

“Kini ada kerja sama penelitian antar peneliti dari universitas kedua Indonesia dan Australia, yakni bidang pendidikan dan pemerintahan serta kemasyarakatan,” katanya.

Red: Krisman Purwoko
Sumber: ant

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: