Rahmat Saripudin's Weblog

for Better Education

Depdiknas: Sekolah tak Dilarang Gunakan Bahasa Daerah

pada Oktober 23, 2009

By Republika Contributor
Selasa, 20 Oktober 2009 pukul 18:35:00

PAMEKASAN–Kepala Seksi Pembinaan SMA di Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), Drs. R. Eryanto, M.Pd, menyatakan, tidak ada larangah bagi sekolah menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar dalam proses belajar mengajar.”Yang penting materi pelajaran yang disampaikan oleh guru bisa cepat dimengerti oleh peserta didik,” kata Eryanto dalam rangka menyampaikan materi pendidikan tentang teknis penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam kegiatan Diklat yang digelar di SMK Negeri 3 Kabupaten Pamekasan.

Malah, sambung dia, Depdiknas sangat mendukung upaya pelestarian bahasa daerah melalui dunia pendidikan, salah satunya seperti memasukkan bahasa daerah menjadi muatan lokal. Kata Eryanto, pemerintah memang menyarankan agar bahasa yang digunakan sebagai pengantar mata pelajaran bahasa nasional, yakni Bahasa Indonesia.

Namun jika fakta yang terjadi saat ini bahasa daerah justru terancam punah, maka menurut dia, tidak salah jika guru menggunakan bahasa daerah. “Hemat saya penggunaan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan tidak akan merusak tatanan pendidikan yang ada,” katanya.

Ia mencontohkan pelaksanaan pendidikan di Jepang. Disana, kata dia, bahasa pengantar dunia pendidikan justru menggunakan bahasa daerah setempat. Hal itu berlaku bagi semua tingkatan pendidikan, mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi. “Termasuk untuk strata 2 (S2) dan strata 3 (S3) kalau di Jepang masih menggunakan bahasa daerah setempat sebagai bahasa pengantar,” katanya.

Terkait kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan yang mewajibkan pelajaran Bahasa Madura sebagai muatan lokal di wilayah tersebut, Eryanto menyatakan, itu kebijakan yang sangat bagus. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah penyusunan kurikulum pendidikan dalam pelajaran muatan lokal tersebut.ant/kpo

http://www.republika.co.id/berita/83645/Depdiknas_Sekolah_tak_Dilarang_Gunakan_Bahasa_Daerah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: