Rahmat Saripudin's Weblog

for Better Education

2010, Pemerintah Buka SMK Terbuka

pada September 1, 2009

By Republika Contributor/www.republika.co.id
Senin, 31 Agustus 2009 pukul 16:33:00

JAKARTA–Direktur Pembinaan SMK Depdiknas, Joko Sutrisno, menyatakan, pemerintah saat ini sedang bersiap melebarkan akses dengan mendirikan SMK Terbuka (SMKT). Pada tahun ajaran baru 2010, sedikitnya 60 ribu lulusan SMP Terbuka bisa mendaftar ke SMKT.

Menurut Joko, SMKT akan berlokasi di beberapa titik dan menempati bangunan serta alat yang ada di SMK Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI). ”Untuk sementara, baru ada di 5 hingga 10 titik, tentunya baru di beberapa kota besar seperti Jakarta, Medan, Surabaya, dan Makassar,” ujar Joko dalam siaran persnya, Senin (31/8).

Lebih jauh Joko menyatakan, tujuan pendirian SMKT adalah agar siswa SMPT bisa meneruskan sekolah sesuai minat dan keahliannya. Berdasarkan data yang ada, saat ini sedikitnya 300 ribu siswa kelas 1, 2, dan 3 SMPT tersebar di seluruh Indonesia . ”Sebagian besar dari mereka adalah anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu, namun memiliki keinginan besar untuk melanjutkan pendidikan,” ingatnya.

Ternyata, kata Joko, sebagian besar dari anak-anak SMPT itu ada yang tidak bisa meneruskan sekolah karena harus bekerja. ”Nantinya, melalui SMKT mereka ini bisa melanjutkan sekolah pada sore atau malam hari seusai bekerja,” jelasnya. eye


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: