Rahmat Saripudin's Weblog

for Better Education

210 Mahasiswa Asing Belajar di Indonesia

pada Agustus 20, 2009

By Republika Contributor/www.republika.co.id
Rabu, 19 Agustus 2009 pukul 15:28:00

JAKARTA–Pemerintah Indonesia kembali memberikan kesempatan kepada mahasiswa asing untuk belajar di Indonesia melalui Program Darmasiswa. Sebanyak 210 mahasiswa asing dari 51 negara akan belajar tentang bahasa, musik tradisional, tarian tradisional, dan berbagai kerajinan khas Indonesia.

”Mahasiswa asing tersebut akan menyebar di 44 lembaga perguruan tinggi negeri dan swasta, serta pusat pengembangan pemberdayaan pendidikan tenaga kependidikan di seluruh Indonesia. Meliputi 27 PTN, 15 PTS, dan 2 Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga dan Kependidikan (P4TK),” ujar Mendiknas Bambang Sudibyo dalam siaran persnya usai membuka Pekan Orientasi Darmasiswa yang diorganisir Universitas Sahid (Usahid)Jakarta, Rabu (19/8).

Program darmasiswa yang dimulai sejak 1974, sampai saat ini sudah diikuti 2.421 mahasiswa dari 85 negara. Mereka antara lain berasal dari Hongaria, Norwegia, Meksiko, Swedia, Kanada, Prancis, Australia, Jepang, Belanda, Jerman ,dan Amerika Serikat.

Menurut Mendiknas, Program Darmasiswa sangat diminati oleh mahasiswa asing. Jumlah peminatnya dari tahun ke tahun terus meningkat. Program ini terbagi dua, yakni program regular diikuti 190 peserta dari 49 negara dan program short course diikuti 20 peserta dari sembilan negara.

Tahun ini, pemerintah Indonesia hanya membuka kesempatan bagi 210 mahasiswa asing akibat keterbatasan anggaran. Selama di Jakarta, mereka mendapatkan pendampingan dari mahasiswa Usahid untuk mengikuti berbagai kegiatan antara lain workshop intercultural relation, jamuan makan malam oleh Gubernur DKI Jakarta, dan berbagai lomba dalam rangka HUT RI ke-64. eye


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: