Rahmat Saripudin's Weblog

for Better Education

Inilah, Sosok Mendiknas Idaman Para Guru…

pada Agustus 14, 2009

Kamis, 13 Agustus 2009 | 19:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mengusulkan tiga nama yang pantas dijadikan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), para guru mengidamkan sosok menteri yang memiliki komitmen kebangsaan dan keinginan memperbaiki pendidikan.

Selain itu, sosok Mendiknas pun harus visioner dan melandasi visinya yang kuat pada nilai-nilai kebudayaan bangsa, akomodatif terhadap aspirasi masyarakat, serta seorang profesional dan nonpartisan.

Seperti diberitakan sebelumnya pada Kamis (13/8), para guru yang tergabung dalam Forum Guru Independen Indonesia (FGII), tiga nama itu antara lain Prof DR H Said Hamid Hasan (guru besar Universitas Pendidikan Indonesia), Prof DR H Soedijarto MA (guru besar Universitas Negeri Jakarta), dan Prof DR Fasli Jalal (birokrat, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI sampai saat ini).

Ketua Umum FGII Suparman mengatakan dalam jumpa pers Kamis (13/8), ketiga nama tersebut rencananya akan diusulkan oleh FGII kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Menurutnya, banyak peran pemerintah terlalaikan dalam menyelenggarakan pendidikan antara lain dalam memberikan kesejahteraan layak bagi pendidik dan tenaga kependidikan.

Tunjangan profesi guru, yang sebesar satu kali gaji pokok, pun baru dirasakan sekitar 20 persen saja dari 2,7 juta guru di Indonesia. Guru atau dosen honorer tidak terperhatikan. Padahal, perbaikan kondisi kerja guru sama artinya dengan perbaikan kondisi belajar peserta didik.


One response to “Inilah, Sosok Mendiknas Idaman Para Guru…

  1. wahyu am mengatakan:

    siapa yang bakal terpilih diharapkan menjadi sosok yang bisa membawa negeri ini ke jalan yang lebih baik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: