Rahmat Saripudin's Weblog

for Better Education

Kemampuan Guru Mengadopsi Inovasi Masih Lemah

pada Agustus 12, 2009

By Republika Contributor/www.republika.co.id
Jumat, 07 Agustus 2009 pukul 14:05:00

JAKARTA–Upaya peningkatan kemampuan profesionalitas guru telah dilakukan melalui berbagai strategi meskipun hasilnya belum optimal. Salah satu penyebabnya adalah masih rendahnya kemampuan guru mengadopsi inovasi dan komitmen profesional guru.

”Guru yang profesional berkewajiban untuk merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang bermutu, dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Hal ini menuntut guru untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni,” ujar Rektor Universitas Terbuka (UT) Tian Belawati dalam ‘Temu Ilmiah Nasional Guru’, di kampus UT, Jumat (7/8).

Menurut Tian, selama ini guru kurang bisa melakukan inovasi karena biasanya setelah mengajar, sebagian guru masih harus menghidupi keluarganya dengan melakukan pekerjaan lain. Namun, lanjut dia, saat ini setelah pemerintah memberlakukan sertifikasi guru, kesejahteraan guru kian membaik. ”Sehingga diharapkan setelah pulang sekolah guru masih bisa melakukan inovasi di bidangnya sendiri,” jelasnya.

Selain persoalan kesejahteraan, kata Tian, dalam diri seorang guru harus ada kesadaran, ketertarikan, suka ujicoba, evaluasi, dan melakukan adopsi. ”Setelah mengalami perbaikan kesejahteraan, guru saat ini harus memfokuskan diri untuk melakukan pengembangan sesuai bidangnya,” tegasnya. eye


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: