Rahmat Saripudin's Weblog

for Better Education

Depdiknas Sediakan Dana Penelitian

pada April 20, 2009

By Republika Newsroom

SOLO — Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) menyediakan dana penelitian untuk para dosen universitas negeri dan swasta serta masyarakat umum.

Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Depdiknas Prof Ir Suryo Haapsoro Tri Utomo, Ph.D mengatakan hal itu seusai seminar nasional “Pemanfaatan Iptek Sebagai Upaya Mengatasi Krisis Global” yang diselenggarakan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Solo, Rabu.

Dana yang disediakan bagi penelitian umum melalui Balitbang sebesar Rp400 miliar, sedangkan yang disalurkan lewat Kopertis dan Universitas Negeri bagi para dosen mencapai Rp600 miliar.

“Untuk tahun lalu anggaran penelitian itu nol dan sekarang jumlahnya cukup besar, silakan para dosen kalau mau melakukan penelitian atau peneliti umum mengajukan proposal penelitian dan sifatnya bebas yang penting bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Menyinggung jumlah penelitian di Balitbang, ia mengatakan sekitar 7.000 orang. “Silakan berkompetisi mengajukan proposal untuk melakukan penelitian dengan dana yang tersedia itu,” katanya.

Ia mengatakan jumlah dosen yang melakukan penelitian baru sekitar 10 persen, dan diharapkan pada 2014 bisa naik menjadi 40 persen. “Ya mudah-mudahan hasil penelitian itu semuanya bermanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” katanya. ant/ism

sumber: http://www.republika.co.id/berita/39995/Depdiknas_Sediakan_Dana_Penelitian


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: