Rahmat Saripudin's Weblog

for Better Education

80 Guru Dapat Fasilitas Sekolah Gratis

pada Maret 3, 2009

By Republika Newsroom

SURABAYA–Sebanyak 80 guru atau lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) kini mendapat fasilitas dari pemerintah berupa sekolah secara gratis. Pemberian biaya sekolah secara gratis melalui Program Profesi Guru (PPG) ini juga ditambah dengan biaya gratis untuk biaya hidup.

Bagi para lulusan PGSD ini juga dijanjikan setelah lulus dari sekolah mereka langsung mendapat pekerjaan. ”Keberadaan PPG tersebut merupakan program baru dari pemerintah yang dikhususkan untuk para lulusan PGSD,” kata Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Haris Supratno di Surabaya, Senin (2/3).

Untuk sekolah gratis, yakni ke jenjang S1 (sarjana) bagi para lulusan PGSD itu, menurut Haris, nantinya selama menjalani sekolah (S1 –red) satu tahun mereka dibiayai oleh pemerintah atau semacam mendapat beasiswa dan ikatan dinas.

Ihwal para lulusan PGSD ini, terang Haris, memang akan difokuskan pada bidang keahlian sebagai tenaga pengajar. ”Ya, setelah lulusan, mereka dijamin bakal mendapatkan pekerjaan dengan dikembalikan ke daerahnya masing-masing,” papar Haris.

Untuk masalah daerah asalnya, jelas Haris, mereka memang tidak boleh keluar dari daerah asalnya setelah ditempatkan sebagai tenaga pengajar. ”Sekarang ini, kebetulan Unesa dipercaya untuk mendidik anak-anak di kawasan Indonesia Timur, persisnya di Nusa Tenggara Timur (NTT),” ujarnya.

Pada tahap awal ini, menurut Haris, para lulusan PGSD yang memperoleh sekolah gratis sebanyak 80 orang. Dari jumlah tersebut, kata Haris, mereka telah menjalani seleksi di daerahnya masing-masing. ”Untuk masalah penyeleksian memang menjadi wewenang daerah,” tukas Haris.  – afa/ahi

sumber: http://www.republika.co.id/berita/34816/80_Guru_Dapat_Fasilitas_Sekolah_Gratis


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: