Rahmat Saripudin's Weblog

for Better Education

Pemerintah Harus Buat Standar Kesejahteraan Guru

pada November 4, 2008

MEDAN–MI: Pemerintah semestinya membuat standar kesejahteraan guru, sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, kata Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Syawal Gultom.

“Akan sulit meningkatkan kualitas pendidikan kalau gurunya tidak sejahtera. Tidak hanya pemerataan dan perluasan akses belajar yang perlu ditingkatkan, tetapi kesejahteraan guru juga merupakan faktor penting lainnya dalam pembenahan pendidikan,” katanya di Medan, Rabu (29/10).

Ia mengatakan guru merupakan profesi, dan kesejahteraannya harus menjadi perhatian, karena tanpa itu mustahil pendidik bisa melaksanakan tugasnya dengan maksimal.

Kata dia, kesejahteraan guru perlu ditingkatkan, mengingat selama ini idak adanya dorongan semangat guru untuk mengajar dengan sungguh-sungguh karena berkaitan dengan besaran gaji dan kesejahteraan mereka.

Karena itu, menurut dia, pemerintah harus membuat program-program yang mendukung peningkatan kesejahteraan guru, misalnya dengan memberikan insentif bagi guru swasta dan tunjangan profesi guru.

Selain pemenuhan kesejahteraan yang layak, di sisi lain guru juga harus melengkapi diri dengan enam kemampuan yaitu knowledge, skill dan experience, metode pembelajaran (teaching methodology), profesional dan personal development, serta kemampuan menggunakan teknologi dan kepemimpinan. (Ant/OL-01)

sumber:http://www.mediaindonesia.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: