Rahmat Saripudin's Weblog

for Better Education

Provinsi Maluku Butuh 12.394 Guru

pada Oktober 23, 2008

AMBON–MI: Provinsi Maluku membutuhkan tambahan guru sebanyak 12.394 orang untuk mengatasi masalah kekurangan guru sekaligus meningkatkan mutu pendidikan di daerah itu.

Menurut staf program tenaga guru pada Dinas Diknas Maluku, Gatot Budiana, di Ambon, Kamis (23/10), kekurangan guru itu terjadi di semua jenjang pendidikan, mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK), SD hingga SMA dan SMK. Kekurangan guru juga terjadi sekolah-sekolah yang berada di bawah pengawasan Departemen Agama, baik Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) maupun Madrasah Aliyah (MA).

Jumlah guru yang dibutuhkan itu untuk TK sebanyak 146 orang, SD 5.883 orang, SMP 3.414 orang, SMA 2.914 orang, SMK 794 orang dan untuk pendidikan luar biasa (PLB) sebanyak 83 orang, sedangkan untuk lingkup Departemen Agama masih dibutuhkan 4.505 guru.

Dari jumlah itu, persentasi kekurangan guru terbesar berada di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yakni 30,2 persen dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) 17,87 persen.

“Penyebab kekurangan guru itu dikarenakan penyebarannya yang tidak merata, sehingga daerah lain kelebihan, sedangkan daerah lainnya mengalami kekurangan,” katanya.

Selain itu, banyak guru yang ditempatkan di Ambon, khususnya guru perempuan, namun kemudian pindah mengikuti suami yang bertugas di daerah lain dan mengajar di sana tanpa memberikan laporan.

“Banyak yang masih tercatat menjadi guru di Kota ambon, tetapi padahal sudah bertugas di daerah lain karena pindah mengikuti suami, tanpa melaporkan kepindahannya terlebih dahulu,” ujarnya.

Ditanya tentang penerimaan guru baru tahun 2008, Budiana belum bisa memastikannya, namun berdasarkan formasi tahun 2008 kuota terbanyak untuk pengangkatan tanaga guru dan tenaga medis.

Selain itu, Maluku juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan Mendiknas untuk pengangkatan tenaga guru kontrak masing-masing sebanyak 300 orang di delapan kabupaten/kota di Maluku. Ia berharap dengan berbagai langkah yang ditempuh itu maka masalah kekurangan guru dapat diatasi, sekaligus berdampak terhadap peningkatan mutu pendidikan di Maluku. (Ant/OL-01)

sumber: http://www.mediaindonesia.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: