Rahmat Saripudin's Weblog

for Better Education

Guru Honorer masih Luput dari Perhatian

pada Oktober 23, 2008

MEDAN–MI: Keberadaan guru honor yang mengajar di sekolah-sekolah swasta masih luput dari perhatian karena hingga saat ini honor mereka masih jauh dari layak.

Pengamat pendidikan Universitas Sumatera Utara (USU), Zulnaidi MHum, di Medan, Rabu (22/10), mengatakan, dewasa ini honor mereka dihitung berdasarkan jam tatap muka. Sekali tatap muka rata-rata dibayar Rp10.000 sampai Rp15.000 tergantung sekolah tempat mereka mengajar.

Dalam sebulan rata-rata mereka paling tinggi hanya mampu mengajar lima sampai enam kali pertemuan. “Jadi kalau dikalikan Rp10.000, dalam sebulan paling tinggi mereka akan mendapat honor sebesar Rp60.000,” ujarnya.

Bagi mereka yang sudah memiliki keluarga dengan dua atau tiga anak, uang Rp60.000 itu tidak akan berarti apa-apa. “Situasi inilah yang banyak dialami guru honor kita, bahkan ada yang sampai bertahun-tahun tidak diangkat sebagai guru tetap di yayasan,” katanya.

Selain itu, kata dia, keikutsertaan guru honor juga tertutup dalam sertifikasi guru karena salah satu syarat untuk ikut sertifikasi adalah memiliki Surat keputusan (SK) dari yayasan tempat mereka mengajar sebagai bukti menjadi guru tetap di sekolah tersebut.

Tidak adanya SK yayasan membuat kesempatan guru swasta untuk ikut uji sertifikasi menjadi terhalang. Kondisi ini merugikan mereka yang seharusnya juga berhak mendapatkan tunjangan kesejahteraan dari pemerintah.

“Untuk itu seharusnnya pihak yayasan segera mengangkat guru-guru yang mengajar di sekolah yang dinaunginya,” katanya.

Ia mengatakan, pemerintah pusat dan daerah tidak bisa tinggal diam melihat kondisi tersebut. Jika yayasan tidak bisa memberikan gaji guru yang besarnya minimal upah minimum regional per bulan, kekurangannya seharusnya disubsidi pemerintah pusat dan daerah, ujarnya. (Ant/OL-06)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: